SEJARAH
LAHIRNYA FACEBOOK
Facebook
semakin popular dan booming dikalangan masyarakat umum, mulai dari pelajar,
mahasiswa, pekerja namun juga sampai para blogger. Facebook adalah situs
jaringan sosial para anggotanya untuk melakukan komunikasi dan berinteraksi
dengan orang lain. Anggota punya kemudahan untuk dapat menambahkan teman,
mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat
tentang aktifitas dirinya.
Facebook adalah sebuah social networking
yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang
bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir
lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester
County , New York ,
Amerika Serikat (AS).
Ide berawal ketika dia bersekolah di Exeter High
School , New HampshireSaat itulah dia berkenalan
dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University ,
awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang
sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat
facemash.com. Lewat situs ini para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau
“jelek” foto seorang siswa, dan membuat Zuckerberg dipanggil oleh Badan
Administrasi Universitas Harvard karena dianggap membobol sistem keamanan
komputer kampus, melanggar peraturan privasi di internet, dan melanggar hak
cipta.
Oleh karena itu ia mebuat Facebook dan
diluncurkannya pada tahun 2004. Dalam waktu singkat duapertiga mahasiswa
Harvard jadi pengguna Facebook. Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris
Hugh, dberhasil mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale,
Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu
singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah.
Zuckerberg bersama Moskovitz dan beberapa
teman lain pindah ke Palo Alto, California, liburan musim panas 2004 menyewa
rumah kecil buat kantor. Oleh karena ingin mengerjakan Facebook dengan serius
mereka meninggalkan Harvard. Di kantornya itulah Zuckerberg bertemu Peter
Thiel, pendiri Paypal, yang ngasih dana segar sebesar US$ 500.000 ,merupakan
investor pertama mereka sehingga mereka bisa pindah ke kantor yang lebih besar di di Universitas Avenue
yang dinamai sebagai kantor “Kampus Urban”
Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli
domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar
Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook
khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak
peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada
akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000
sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia,
Selandia Baru, dan Irlandia.
Pada 27 Februari 2006, dia mulai
mengizinkan para mahasiswa yang menjadi pengguna situs ini untuk menambahkan
siswa-siswa SMA sebagai temannya. BusinessWeek, melansir kabar bahwa Zuckerberg
tengah bernegosiasi dengan calon pembeli potensial Facebook. Tapi, akhirnya,
dia menolak tawaran yang disebut-sebut bernilai US$ 750 juta atau sekitar Rp
6,97 triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat
itu, dia memperkirakan nilai Facebook US$ 2 miliar.
Pada April 2006, investor pertama situs
ini, yaitu Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners,
menambah investasi di Facebook dengan menyetorkan dana US$ 25 juta. Facebook
pun masuk ke India melalui
Institut Teknologi India dan
Institut Manajemen India .
Dia juga memberikan fasilitas Facebook
Notes. Fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna
memberikan tagging, memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu,
pengguna bisa mengimpor blog dari situs Xanga, LiveJournal, Blogger, dan situs
blogging lainnya. Berkat fitur baru tersebut, pembaca bisa memberikan komentar
terhadap tulisan yang dimuat pengguna Facebook. September 2006, Zuckerberg
membuka layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Namun, langkah ini
justru menuai protes dari para pengguna dan pelanggan setianya. Alhasil, dua
minggu berselang Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu dengan membuka
pendaftaran bagi pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yang jelas.
Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs
ini pada 2015 nanti bisa mencapai US$ 1 miliar. Nah, pada saat itu, nilai
perusahaan pun bakal ikut meroket menjadi sekitar US$ 8 miliar. Ada juga iklan baris
gratis di Facebook. Fitur yang diberi nama Facebook Marketplace ini diluncurkan
pada 14 Mei 2007. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing perusahaan-perusahaan
online lain. Craigslist yang sudah lebih dulu menempatkan iklan baris di
situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar. Bahkan, Apple rela
memperpanjang kerja sama dengan Facebook untuk memajang contoh musik iTunes.
Facebook membeli perusahaan Parakey Inc.,
dari Blake Ross dan Joe Hewitt, pada Juli 2007. Parakey adalah produsen
aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar, dan
video ke sebuah situs di internet. Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6%
saham Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual
semua saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, dia
ingin Facebook tetap independen.
Pada 7 November 2007, situs ini
meluncurkan layanan terbaru berupa pemasangan iklan dengan sistem yang disebut
Facebook Beacon. Triliuner Hongkong, Li Ka-shing, tertarik untuk menanamkan
duit senilai US$ 60 juta di Facebook pada 30 November 2007.
Sekarang jumlah pegawainya sendiri telah
mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan
petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Markas besar Facebook
lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai,
yang setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan
favoritnya. Ada
yang bermain gitar, bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani
musik racikan seorang disc jockey (DJ). Mereka juga tak perlu berpakaian rapi.
Celana pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka di kantor.
Zuckerberg mengaku ogah suasana kantor yang terlalu formal.
Meski sudah mampu menghimpun harta
kekayaan hingga US$ 3 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun Zuckerberg tetap
tampil apa adanya, seperti pemuda kebanyakan yang menggemari pakaian santai.
Kemudian perkembangan lanjutannya tidak ada
situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi perkembangan Facebook. Pada
tahun 2007, Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya.
Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan
berbagai aktifitas di Facebook.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar